Kelebihan berat badan atau kegemukan adalah sebuah problem yang paling banyak dikeluhkan baik oleh wanita ataupun pria. Selain mengganggu penampilan kelebihan berat badan atau kegemukan juga tidak baik untuk kesehatan. Maka tidak sedikit yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Banyak cara yang ditempuh mulai dari Olah raga, diet makanan atau sengaja mengkonsumsi obat untuk diet.

Olah raga adalah salah satu cara yang paling sehat dan efektip untuk menurunkan berat badan yaitu dengan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun tidak semua olah raga berfungsi maksimal membakar lemak, ada kalanya olah raga yang dilakukan walaupun 2 sampai 3 jam perhari namun tidak membuahkan hasil, untuk itu olah raga yang dianjurkan harus dapat meningkatkan denyut jantung lebih cepat agar dapat membakar lemak lebih banyak. Berikut jenis olah raga  yang tepat untuk pembakaran lemak dalam tubuh yaitu :

Jogging
Jogging adalah olah raga yang paling sederhana dan paling mudah untuk membakar lemak dengan cepat. Lakukan sedikitnya 45 menit jogging setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Jogging meningkatkan denyut jantung lebih kencang sehingga sangat mudah untuk membakar lemak.

Berenang
Berenang juga dapat membantu membakar lemak karena saat berenang anda akan menggerakan seluruh otot dalam tubuh. Pergerakan otot tersebut dapat membakar lebih banyak lemak dan kalori. Lakukan renang secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Jalan Cepat
Jalan cepat ternyata membantu membakar lemak dalam perut. Jalan cepat tentu berbeda dengan jalan biasa, pada saat melakukan olah raga jalan cepat maka anda dianjurkan untuk menentukan kecepatan dan mempertahankan kecepatan tersebut untuk meningkatkan denyut jantung dalam kisaran angka yang dianjurkan.

Pilates
Olah raga ini memerlukan intrukstur yang berpengalaman agar berat badan anda bisa turun secara efektip. Banyak para selebritis yang melakukan pilates karena pilates sangat bagus dalam membakar lemak.

Apapun jenis olah raga yang anda lakukan sebaiknya dilakukan secara rutin dan di imbangi dengan mengkonsumsi makanan diet yang sehat dan mengontrol pola makan. Apabila anda tidak memperhatikan makanan yang anda konsumsi maka olah raga apapun tidak akan membantu dalam menurunkan berat badan anda secara sehat dan efektip.

 

sumber : dari berbagai sumber

dipublikasikan : hismawati ( 10531 01666 10 )