TAK hanya orang dewasa, anak-anak pun akan menyukai olahraga jika merasa fun ketika melakukannya. Ini dia beberapa jenis exercise yang dapat Anda kenalkan pada si buah hati agar kian aktif, sehat, dan bugar.

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan anak, baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, serta otaknya. Namun, jika tak dibiasakan sedari dini, manfaat olahraga dapat tak diperoleh anak karena mereka tidak menyukainya. Padahal, olahraga dapat membuat koordinasi kerja otak semakin bagus, sehingga anak mudah menyerap informasi atau pengetahuan yang diberikan.

Bermain sambil berolahraga merupakan kunci pelatihan anak untuk menyukai berbagai jenis latihan. Pilihkan anak permainan sederhana, tapi menyenangkan seperti beberapa jenis latihan di bawah ini, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (28/5/2012).

Bermain gelantungan

Anak-anak sangat suka bermain gelantungan di sebuah besi horizontal berwarna-warni yang biasanya tersedia di area bermain sekolahnya. Bersama teman-temannya, mereka sangat suka bersaing untuk menjadi yang paling lama bertahan menggantungkan badannya di atas besi tersebut.

Jika Anda melihat si buah hati gemar melakukan ini, jangan sekali-kali melarangnya. Pasalnya, kegiatan tersebut sebenarnya merupakan versi anak dari latihan beban dan ini berguna untuk membentuk otot lengan dan bahu yang kuat.

Senam ringan

Temanilah si kecil melakukan senam ringan dan sederhana. Anda dapat memandunya untuk mengikuti gerakan dan melebarkan kedua kaki ke samping sebisa mungkin, lalu tarik dua tangan ke atas. Ayun ke kanan dan ke kiri secara bergantian sejauh yang Anda bisa tanpa menggerakan kaki Anda. Latihan ini sangat baik untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan pada punggung anak akibat membawa semua buku-buku berat di tasnya.

Lompat tali
Dengan memerkenalkan tali skipping pada usia dini, Anda memberikan anak Anda sebuah bantuan besar Apakah itu? Ya, tak hanya menyenangkan, melakukan skipping atau lompat tali merupakan latihan yang menggerakan seluruh otot tubuh dan membantu meningkatkan tingkat konsentrasi pada otak.

Lari di tempat

Biasakan untuk memasang musik penuh semangat ketika membangunkan anak Anda dari tempat tidur dan contohkan bagaimana Anda bersemangat dengan berlari-lari santai di tempat. Jangan lupa melakukan peregangan terlebih dahulu agar otot-otot tidak kaget. Memulai hari Anda dengan berlari di tempat setidaknya selama lima menit saja dapat memberikan keuntungan pada Anda dan anak, yakni sebuah hari yang energik dan produktif.

Main jingkat (main pincang-pincangan)

Sebagian besar dari kita akrab dengan bermain jingkat atau scotch hop. Permainan ini mengharuskan pemainnya melompat dengan satu kaki di beberapa nomor yang digambar di tanah.

Permainan ini melatih anak berpikir tajam dan lebih cepat karena harus memutuskan ke nomor berapa saja dia akan melompat. Permainan ini pun melatih ketangkasan anak, serta melatih keterampilan sosialnya menjadi lebih baik karena dimainkan bersama teman-temannya.

Dari kesemua jenis permainan anak yang membutuhkan banyak pergerakan fisiknya, berguna untuk melatih jasmani buah hati. Jika dilakukan rutin dan terus-menerus akan memperkuat jantung.
(tty)

sumber: http://health.okezone.com/read/2012/05/28/483/637021/inilah-olahraga-mudah-fun-untuk-anak

Dipublikasikan: ISMAIL