Penderita diabetesmemang perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang manis maupun mengandung kolestrol. Namun begitu, bagi penderita diabetes dapat mengatasinya dengan berolahraga. Sebagaimana telah Anda ketahui bahwa olahraga sangat penting bagi tubuh kita, tidak terkecuali bagi penderita diabetes. Olahraga secara rutin ditengarai dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, disamping juga menurunkan berat badan dan menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, olahraga secara teratur juga akan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes.

      Bagi penderita diabetes selama melakukan olahraga, sel-sel otot akan bekerja lebih keras dan membutuhkan gula darah sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi sehingga di dalam darah kadarnya akan turun. Pembakaran gula darah saat berolahraga ini besarnya hampir 15 kali lipat, dibandingkan bila Anda sedang berdiam diri atau beristirahat. Di samping itu, kadar gula dalam darah yang sedikit juga akan memperingan kerja insulin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain bila melakukan olahraga secara teratur bagi penderita diabetes :

  • Menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung koroner, stroke serta penyakit pembuluh darah perifer.
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.
  • Membantu program penurunan berat badan pada pasien penderita diabetes sekaligus obesitas, dengan ditambah oleh pengaturan pola makan.
  • Mengurangi kebutuhan obat-obatan oral serta penggunaan insulin.
  • Memberikan manfaat psikologis dengan meningkatkan kesehatan jasmani sehingga lebih meningkatkan kepercayaan diri, menimbulkan rasa senang, meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi kecemasan terhadap penyakit ini.
  • Mencegah diabetes awal, terutama bagi orang-orang dengan riwayat keluarga diabetes atau bagi mereka yang termasuk kelompok pra diabetes.

      Untuk memperoleh manfaat-manfaat di atas, penderita diabetes disarankan melakukan latihan aerobik low impact atau latihan ritmik seperti senam, berenang, bersepeda serta joging. Sementara yang harus dihindari adalah latihan yang bersifat resistensi statis seperti angkat beban dan sejenisnya. Di samping itu, penderita diabetes juga harus melakukan olahraga sesuai dengan porsi yang dianjurkan. Porsi olahraga terlalu berlebihan malah akan memperburuk kesehatan, sementara porsi yang terlalu sedikit tidak akan terlalu terasa manfaatnya.

      Bila ragu menentukan porsi olahraga yang tepat bagi Anda penderita diabetes, cobalah hubungi dokter atau terapis olahraga yang lebih ahli. Karena mereka yang lebih mengerti untuk menentukan intensitas, frekuensi serta durasi olahraga yang perlu dilakukan berdasarkan kesiapan fisik dan kondisi kesehatan Anda. Selamat berolahraga.

sumber: http://melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1180_Penderita-Diabetes-Perlu-Berolahraga

Di publikasikan: Aisya